Selasa, 31 Mei 2011

Mari Bermain Dengan Data

Dalam kegiatan pekerjaan kita sehari-hari, kebutuhan untuk mengetahui hasil pekerjaan yang telah kita lakukan dan bahan untuk acuan pelaksanaan kegiatan sangatlah penting dan dapat menentukan ketepatan dalam pengambilan keputusan.

Perwujudan bahan-bahan nyata yang digunakan untuk pencatatan hasil kegiatan yang dapat dijadikan sebagai bahan kajian, biasa kita sebut dengan data.

Selama ini, disadari atau tidak, kita selalu berkutat dengan data. Bila kita ingin mengetahui kinerja suatu lokasi kegiatan (misalnya pabrik), maka yang pertama kali bisa dijadikan dasar adalah data yang tercatat dari pabrik tersebut.

Fungsi yang sangat beragam ditunjukkan oleh data, bahkan dalam film yang sangat terkenal di dunia yaitu “star trek” data dijadikan sosok khusus yang mempunyai peran penting bagi suatu pesawat ruang angkasa dalam mengarungi perjalanan luar angkasa.

Tanpa data, kita bisa kehilangan kontrol dan bisa kehilangan arah sehingga bisa jadi kita kehilangan kendali terhadap apa yang sebetulnya kita miliki.

Begitu pentingnya data dalam kegiatan pekerjaan dan kehidupan kita, tetapi hanya sedikit yang menyadari bahwa data yang kita punyai bisa dimanfaatkan secara lebih agar bisa memberikan manfaat yang lebih banyak pula.

Salah satu bentuk pemanfaatan data ini adalah dengan pelaksanaan analisa data yang bermanfaat untuk evaluasi kegiatan dan mendapatkan solusi bila ada masalah, sehingga bisa ditemukan standar-standar baru yang bisa diimplementasikan untuk kemajuan suatu kegiatan.

Proses analisa data sampai menghasilkan suatu standar melibatkan beberapa hal antara lain :
-      Melihat situasi yang ada yang berbentuk data. Untuk keperluan analisa, data yang berkaitan dengan suatu masalah dipilih dan dikumpulkan.
-      Analisa : dari data yang dikumpulkan, dilakukan identifikasi dan verifikasi akar masalah
-      Melakukan identifikasi solusi yang memungkinkan. Solusi terbaik dipilih dan diimplementasikan; yaitu solusi yang akan menghilangkan akar penyebab masalah dan mencegah masalah itu timbul  kembali.

Dengan melakukan proses ini, maka data tidak hanya akan sekedar menjadi data,  karena bisa bermanfaat untuk perkembangan kegiatan.
Dalam proses analisa data, tetap membutuhkan kontrol yang diperoleh dari hasil analisa data dari waktu sebelumnya, demikian seterusnya sehingga data tidak akan putus.

Salah satu hal penting yang perlu diketahui dalam proses analisa data ini adalah bahwa semua variabel yang penting harus dicatat semua. Sebagai contoh, data yang dikumpulkan untuk mengetahui kepuasan pelanggan bisa digunakan untuk menjaga agar kita bisa selalu memenuhi kepuasan pelanggan, sehingga produk yang kita hasilkan bisa selalu laku terjual (HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar